Elon Musk dan Justin Sun Bersaing untuk Membeli Twitter dengan Offer $41.3B

Elon Musk, CEO pembuat mobil listrik Tesla (TSLA), menawarkan untuk membeli perusahaan media sosial Twitter (TWTR) dengan harga sekitar $41,3 miliar tunai hanya untuk mendapatkan kebebasan berbicara di platrom sosial media, khusnya Twitter.


Elon Musk, CEO pembuat mobil listrik Tesla (TSLA), menawarkan untuk membeli perusahaan media sosial Twitter (TWTR) dengan harga sekitar $41,3 miliar tunai hanya untuk mendapatkan kebebasan berbicara di platrom sosial media, khusnya Twitter. 
  • Tawaran dengan harga $54,20/saham merupakan tawaran 38% lebih tinggi dari harga saham sehari sebelum investasi Musk di awal bulan ini, menurut pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS .
  • Musk berencana untuk menjadikan perusahaan itu pribadi untuk "melakukan perubahan yang perlu dilakukan," tulisnya dalam sebuah teks kepada Ketua Twitter Bret Taylor yang direplikasi dalam pengarsipan. 
  • Pada akhir Maret, Musk mengkritik platform media sosial karena gagal mematuhi prinsip-prinsip kebebasan berbicara, dengan mengatakan bahwa itu berfungsi sebagai "alun-alun kota publik de facto" dan oleh karena itu kegagalan ini merusak demokrasi.
"Saya berinvestasi di Twitter karena saya percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan berbicara di seluruh dunia, dan saya percaya kebebasan berbicara adalah keharusan sosial untuk demokrasi yang berfungsi," @_Ellon Musk

 Menyusul pengajuan Musk, Justin Sun , pendiri blockchain Tron, men-tweet sebuah utas di mana dia mengatakan akan menawarkan $60/saham untuk perusahaan ini.

Akibat dari pernyatan tersebut saham Twitter melonjak lebih dari 12% dalam perdagangan setelah berita tersebut di umumkan oleh elon dan justin. Mereka diperdagangkan baru-baru ini naik sekitar 6,4% menjadi hanya di bawah $49.

  • Musk sendiri telah membeli 9,2% saham Twitter dengan perkiraan $ 2,89 miliar pada awal bulan ini, dengan cepat diikuti oleh pengumuman bahwa ia akan bergabung dengan dewan direksi perusahaan. Namun, CEO Parag Agrawal mengatakan beberapa hari kemudian bahwa posisi dewan tidak lagi mungkin . 
"Penawaran saya adalah penawaran terbaik dan terakhir saya, dan jika tidak diterima, saya perlu mempertimbangkan kembali posisi saya sebagai pemegang saham," kata Musk, menurut pengajuan. 
  • Twitter sendiri telah memantapkan dirinya sebagai platform ramah kripto, hingga menambahkan kemampuan untuk mengirim tip dalam bitcoin pada September lalu dengan fasilitas yang diperluas ke ether pada Februari .

Posting Komentar